Pendekatan Behavioral dan Kognitif
Sosial
·
Pembelajaran ialah pengaruh yang relatif
permanen atas perilaku, pengetahuan dan ketrampilan berpikir yang diperoleh
melalui pengalaman.
·
Behavioralisme ialah pandangan bahwa
perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diobservasi.
·
Proses mental ialah pikiran, perasaan ,
dan motif yang tak dapat diobservasi oleh orang lain
·
Pembelajaran asosiatif terdiri dari
pembelajaran bahwa dua kejadian saling terkait(associated) Misalnya , ketika
murid mengasosiasikan atau mengaitkan kejadian yang menyenangkan dengan
pembelajaran sesuatu di sekolah seperti senyuman guru saat murid mengajukan
pertanyaan yang bagus.
·
Ada empat pendekatan kognitif utama
dalam pembelajaran yaitu :
1. Pendekatan
kognitif sosial, yang menekankan bagaimana faktor perilaku, lingkungan, dan
orang(kognitif) saling terkait dan berinteraksi memengaruhi proses
pembelajaran.
2. Pemrosesan
informasi kognitif, menitikberatkan bagaimana anak memproses informasi melalui
perhatian, ingatan, pemikiran dan proses kognitif lainnya.
3. Konstruktivis
kogitif, menekankan konstruksi kognitif terhadap pengetahuan dan pemahaman.
4. Konstruktivis
sosial, fokus pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan
dan pemahaman
Pendekatan Behavioral untuk Pembelajaran
·
Pengkondisian Klasik
Sebentuk
pembelajaran asosiatif dimana stimulus netral menjadi diasosiasikan dengan
stimulus yang bermakna menimbulkan kemampuan untuk mengeluarkan respon yang
serupa.
Dalam sebuah eksperimen, Pavlov
menyajikan stimulus netral (bel) sebelum unconditioned stimulus(makanan).
Stimulus netral tersebut menjadi conditioned stimulus setelah dipasangkan
dengan unconditioned stimulus. Kemudian, conditioned stimulus (bel) itu sendiri
bisa membuat anjing berliur.
Generalisasi, Diskriminasi dan
Pelenyapan
·
Generalisasi dalam pengkondisian klasik
adalah tendensi dari stimulus baru yang sama dengan conditioned stimulus yang
asli untuk menghasilkan respon yang sama
·
Diskriminasi dalam pengkondisian klasik
terjadi ketika organisme merespon stimuli tertentu tetapi tidak merespon
stimuli lainnya. Dalam eksperimen Pavlov akibatnya anjing hanya merespon suara
bel dan tidak merespon suara lainnya.
·
Pelenyapan (extinction) dalam
pengkondisian klasik adalah pelemahan conditioned respon (CR) karena tidak adanya
unconditioned stimulus (US). Dalam satu sesi, Pavlov menyembunyikan bel
berulang kali tetapi tidak memberikan makanan kepada anjing. Akhirnya anjing
itu tidak lagi berliur.
Desentralisasi Sistematis adalah sebuah
metode yang didasarkan pada pengkondisian klasik yang dimaksudkan untuk
mengurangi kecemasan dengan cara membuat individu mengasosiasikan relaksasi
dengan visualisasi situasi yang menimbulkan kecemasan.
Pengkondisian Operan
·
Pengkondisian operan juga dinamakan
“pengkondisian instrumental” adalah sebentuk pembelajaran dimana
konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas
perilaku itu akan diulangi.
·
Hukum efek(law effect), prinsip bahwa
perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku
yang diikuti hasil negatif akan diperlemah
·
Penguatan atau imbalan(reinforcement),
konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu perilaku akan terjadi.
·
Hukuman, konsekuesi yang menurunkan
probabilitas terjadinya suatu perilaku
·
Penguatan positif, penguatan berdasarkan
prinsip bahwa frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang
mendukung (rewarding).
·
Penguatan negatif, penguatan berdasarkan
prinsip bahwa frekuensi respon meningkat karena diikuti dengan penghilangan
stimulus yang merugikan(tidak menyenangkan)
§ Analisis
Perilaku Terapan, merupakan prinsip pengkondisian operan untuk mengubah
perilaku manusia.
§ Prinsip
Premack, prinsip yang menyatakan bahwa aktivitas berprobabilitas tinggi bisa
berfungsi sebagai penguat aktifitas berprobabilitas rendah
§ Jadwal
penguatan, jadwal penguatan parsial yang menentukan kapan suatu respo akan
diperkuat
4 penjadwalan penguatan yaitu:
Fixed Ratio (FR): suatu jimlah respon
tertentu menentukan penguatan berikutnya diberikan (misalnya setelah 25 kali
terjadi perilaku operant).
Fixed Interval (FI): selang waktu
tertentu (misalnya 5 menit) menentukan pemberian penguat berikutnya.
Variabel Ratio (VR): jumlah perilaku
responden yang terjadi tidak ditentukan secara kaku (misalnya setelah 5 sampai
15 kali)
Varibel Interval (VI): waktu pemberian
penguat divariasi diantara selang waktu tertentu (tiga sampai lima menit,
misalnya).
§ Perjanjian,
menuliskan kontingensi penguatan
§ Prompt,
stimulus tambahan atau isyarat tambahan yang diberikan sebelum suatu respons
dan meningkatkan kemungkinan respons itu akan terjadi.
§ Shaping,
mengajari perilaku baru dengan memperkuat perilaku yang mendekati perilaku
sasaran.
§ Time
out, menjauhkan individu dari penguatan positif
§ Response
cost, menjauhkan penguatan positif dari individu
Teori Kognitif Sosial, teori bandura
yang menyatakan bahwa faktor sosial dan kognitif dan juga faktor perilaku ,
memainkan peran penting dalam pembelajaran.
§ Self-efficacy,
keyakinan bahwa seseorang bisa menguasai situasi dan menghasilkan hasil positif
§ Pembelajaran
observasional, juga dinamakan imitasi atau modeling, adalah pembelajaran yang
dilakukan ketika seseorang mengamati dan meniru perilaku orang lain
§ Studi
Boneka BOBO bandura : efek pembelajaran observasional terhadap agresi anak
Pada gambar seorang model dewasa secara
agresif menyerang boneka bobo, di gambar selanjutnya seorang siswi TK yang
telah melihat tindakan agreisf model ikut-ikutan memukuli boneka.
Proses pembelajaran Bandura ini
memerlukan beberapa proses meliputi :Atensi atau perhatian, retensi, produksi,
motivasi.
§ Pendekatan
perilaku kognitif, mengubah perilaku dengan menyuruh orang untuk memonitor,
mengelola, dan mengatur perilaku mereka sendiri, bukan dipengaruhi melalui
faktor eksternal
§ Metode
instruksi-diri, teknik perilaku kogitif yang ditunjukkan untuk mengajari
individu memodifikasi perilaku mereka sendiri.
§ Pembelajaran
regulasi diri, memunculkan dan memonitor sendiri pikiran, perasaan dan perilaku
untuk mencapai suatu tujuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar