Proses dan Pariode
Pola
perkembangan anak adalah pola yang kompleks karena merupakan hasil dari
beberapa proses; proses biologis,kognitif, dan sosioemosional.
·
Proses biologis adalah perubahan dalam
tubuh anak yang melandasi perkembangan otak, berat dan tinggi badan, perubahan
dalam kemampuan bergerak dan perubahan hormonal dimasa puber.
·
Proses kognitif adalah perubahan dalam
pemikiran, kecerdasan, dan bahasa anak. Proses perkembangan kognitif memampukan
anak untuk mengingat puisi, membayangkan bagaimana cara memecahkan soal
matematika,menyusun strategi.
·
Proses sosioemosional adalah perubahan
perubahan dalam hubungan anak dengan orang lain, perubahan dalam emosi, dan
perubahan dalam kepribadian.
Proses Perkembangan
Meliputi
: infancy(bayi), early childhood(usia balita), middle dan late
childhood(periode sekolah dasar), adolescene(masa remaja), early adulthood,
middle adulthood, dan late adulthood.
Perkembangan kognitif
Otak
Lateralisasi adalah spesialisasi fungsi
dalam satu bagian otak atau satu bagian lainnya.
Grafik Tumbuh Kembang Pariode Emas Anak
Teori
Piaget
Proses
kognitif
§ Skema,
sebuah konsep atau kerangka yang eksis didalam pikiran seseorang yang dipakai
untuk mengorganisasikan dan menginterpretasikan informasi.
§ Asimilasi/asosiasi,
suatu proses mental yang terjadi ketika seorang anak memasukan pengetahuan baru
kedalam pegetahuan yang sudah ada.
§ Akomodasi,
suatu proses mental yang terjadi ketika anak menyesuaikan diri dengan informasi
baru.
§ Organisasi,
konsep piaget tentang pengelompokkan perilaku yang terpisah kedalam sistem
kognitif yang lebih tertib dan lancar, pengelompokkan atau penataan dalam
kategori-kategori penggunaan organisasi meningkatkan kemampuan memori jangka
panjang.
§ Ekuilibrium,
suatu mekanisme yang dikemukakan piaget untuk menjelaskan bagaimana anak
bergerak dari suatu tahap pemikiran ketahap pemikiran selanjutnya. Pengeseran
ini terjadi saat anak mengalami konflik kognitif atau disekuilibrium dalam
usahanya untuk memahami dunianya. Pada akhirnya, anak memecahkan konflik itu
dan mendapatkan kesenangan pemikiran.
Ada 4 tahap kognitif menurut teori
Piaget :
1.
Tahap Sensorimotor
(dari kelahiran sampai usia 2 tahun), tahap dimana bayi membangun pemahaman
dunia dengan mengoordinasikan pengalaman indrawi dan tindakan fisik, bayi
melangkah maju dari tindakan instingtual
dan reflektif saat baru saja lahir kepemikiran simbolis menjelang akhir tahap
ini.
2.
Tahap Pra-operasional(usia
2-7 tahun), anak mulai merepresentasikan dunia dengan kata dan gambar. Kata dan
gambar ini merefleksikan peningkatan pemikiran simbolis dan melampaui koneksi
informasi indrawi dan tindakan fisik.
3.
Tahap Operasional-konkret(usia
7-11 tahun), anak ini bisa bernalar secara
logis tentang kejadian-kejadian konkret dan mampu mengklasifikasikan
objek kedalam kelompok yang berbeda-beda.
4.
Tahap Operasional-formal(usia
11 tahun sampai dewasa), remaja berfikir secara lebih abstrak, idealistis dan
logis.
Teori
Vygotsky
Menurutnya
, anak berperan aktif dalam menyusun pengetahuan mereka.
Asumsi Vygotsky:
o
Pertama, menggunakan pendekatan
developmental berarti memahami fungsi kognitif anak dengan memeriksa asal
usulnya dan transformasinya dari bentuk awal kebentuk selanjutnya.
o
Kedua, untuk memahami fungsi kognitif kita
harus memeriksa alat yang memperentarai dan membentuknya, membuat vygotsky
percaya bahwa bahasa adalah alat paling penting
o
Ketiga, kemampuan kognitif berasal dari
hubungan sosial dan kultur.
Zone of Proximal Development, yaitu
istilah Vygotsky untuk serangkaian tugas yang terlalu sulit dikuasai anak
secara sendirian, tetapi dapat dipelajari dengan bantuan dari orang dewasa atau
anak yang lebih mampu.
Bahasa
Bahasa
adalah bentuk komunikasi, entah itu lisan, tertulis atau tanda yang berdasarkan
pada sistem simbol.didalam bahasa sendiri terdiri dari :
v Fonologi,
sistem suara dalam bahasa
v Morfologi,
aturan untuk mengkombinasikan morfem, yang merupakan serangkaian suara yang
bermakna dan merupakan kesatuan bahasa terkecil.
v Sintaksi,
cara kata harus dikombinasikan untuk membentuk frasa atau kalimat yang dapat
diterima.
v Semantik,
adalah makna kata dan kalimat
v Pragmatis,
adalah penggunaan percakapan yang tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar