Sabtu, 08 April 2017

Testimoni Perkuliahan

Nama   : Nur Chairiah Lubis
Nim     : 161301220
Kelas   : Psikologi Pendidikan

Testimoni Perkuliahan
            Sebenarnya baru pertama kali dapat mata kuliah Psikologi pendidkan ini, dan ketika tahu tentang beberapa topik bahasan didalam nya saya langsung excited , karena materi belajar nya sendiri sangat mudah dipahami dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, bahkan bisa langsung diaplikasikan ke diri sendiri, keluarga terdekat dan orang-orang sekitar, seperti hal nya topik tentang Perkembangan Kognitif dan Bahasa dari topik ini saya bisa memahami bagaimana proses berfikir kognitif itu sendiri dan bagaimana bahada dapat membantu dalam proses kognisi. Topik tentang Pendekatan Behavioral dan Kognitif Sosial dalam topik ini saya bisa mengerti bahwa proses belajar sendiri dalam pandangan psikologi behavioral ialah meniru dari apa yang kita amati dan belajar dapat dikondisikan dan diberi perlakuan (pengkondisian klasical dan operan),.
            Adapula topik tentang Perencanaan,Instruksi, dan Teknologi dalam topik bahasan ini, saya dapat mengerti bahwa teknologi juga bermanfaat dalam mempermudah proses pembelajaran, dan dalam topik bahasan tentang Motivasi saya dapat mengerti bahwa motivasi itu sendiri sangat berguna dalam pembelajaran hal-hal baru , dan tinggi rendahnya motivasi seseorang dalam menerima pelajaran dapat menentukan prestasi nya dalam kelas, dan dalam memotivasi itu sendiri dapat diberi reinforcement(penguatan) agar motivasi itu timbul dan berkembang untuk belajar. Dalam belajar haruslah ada Atensi(perhatian), Repeating(pengulangan) agar pelajaran dapat mudah untuk dipahami dan melekat dalam Long-term memory kita atau memori jangka panjang.
            Dan yang terakhir topik materi tentang Diversitas SosioKultural dalam topik ini saya bisa paham bahwa perbedaan ras,etnis,agama dan gender dapat memicu ketidakseragaman pemahaman dalam belajar dan perbedaan-perbedaan ini sering kali membuat sebagian lainnya merasa diasingkan dari pergaulan dan bisa menyebabkan timbulnya Bullying terhadap nya. Oleh karena itu perlulah pemahaman guru tentang cara membuat pelajaran yang menarik dengan mengaitkannya dengan perbedaan etnis dan ras ini agar murid-murid dapat menerima semua perbedaan ini tanpa saling membenci satu sama lain, dan tanpa menghilangkan keberagaman dari perbedaan ini sendiri.

            Adapula study lapangan mengenai observasi sekolah mengenai bagaimana perilaku siswa dalam hal belajarnya didalam kelas, ini merupakan pengalaman baru bagi saya yang harus melakukan observasi langsung kesekolah, meminta izin sekolah dan guru untuk melakukan observasi, dan juga berinteraksi langsung dengan para siswa membuat saya lebih dewasa untuk menanggapi permasalahan yang terjadi dan mengasah skill berbicara didepan umum menjadi lebih baik. Saya sangat antusias untuk dapat mengikuti kelas Psikologi Pendidikan ini untuk selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Psikologi Saya Kamu dan Mereka | Blogger Template by Enny Law